Minggu, 29 April 2012

Tugas Pengel Proyek SI

  • Tanggapan TOR/KAK
TOR masih belum dikatakan bahwa Kontrak pasti dapat terealisasi, tetapi Kontrak baiknya dimulai dari Kesepakatan Umum tersebut.
Biasanya memuai kesepakatan dan rencana kerjasama yang isinya secara umum dituang dalam poin2 TOR tersebut.
Biasanya TOR memuat suatu rencana perjanjian kerjasama yang dengan jangka waktu panjang ataupun dengan pembiayaan yang besar.
  • Permasalahn proyek TI di Indonesia (masalah utama dan contoh)
Hasil survey menunjukkan bahwa banyak kasus korupsi di Indonesia yang dikaitkan dengan pengadaan IT. Ada beberapa kasus yang sebetulnya bukan korupsi akan tetapi karena sifat IT – yang cepat berubah dan menjadi lebih murah – maka proses pengadaannya terlihat seperti korupsi.
Bidang ilmu mikroelektronika berkembang dengan pesat sehingga menghasilkan mikroprosesor yang semakin kecil ukurannya, semakin meningkat kemampuan pemrosesannya, dan semakin murah harganya.
Sebagai contoh:
  1. harga komputer Pentium III tiga tahun yang lalu harganya bisa jadi lebih mahal dari harga komputer Pentium 4 saat ini. Jika proses pengadaan dievaluasi, maka pengadaan komputer Pentium 3 saat itu akan dianggap korupsi.
  2. Sebuah perusahaan menerapkan e-procurement,Sebelum melakukan proses tender dengan e-procurement itu mereka telah menetapkan perkiraan biaya adalah 80 juta rupiah. Pada mulanya peserta tender memberikan harga yang berkisar 80 juta. Namun setelah proses berjalan, para peserta banting harga,bukan menaikkan harga akan tetapi banting harga. Sehingga akhirnya pemenangnya adalah yang menawar 20 juta rupiah.
Ada beberapa kemungkinan. Kemungkinan pertama memang dari perusahaan tidak mampu membuat prakiraan (owner estimate). Kemungkinan kedua, vendor ini memang ingin masuk ke dalam perusahaan dengan cara apapun. Setelah masuk ke dalam perusahaan, barulah mereka mencekik perusahaan.Satu kejadian yang dialami oleh sebuah perusahaan adalah ketika perusahaan ingin melakukan pengadaan untuk backup (disaster recovery) dan/atau maintenance. Ternyata perangkat yang dibeli itu hanya bisa dibackup dengan produk yang sama dari vendor tersebut. Atau maintenance hanya bisa dilakukan oleh vendor tersebut. Pada tender kedua ini, vendor tidak mau banting harga akan tetapi pasang harga yang normal.
Belum lagi ada perubahan yang disebabkan oleh kemajuan teknologi. VoIP merupakan salah satu contohnya. Agak aneh jika orang menggunakan VoIP kemudian dituduh korupsi. Mungkin inilah yang disebut “kriminaliasi teknologi”.
Sumber :
http://rahard.wordpress.com/2007/04/03/permasalahan-pengadaan-teknologi-informasi-di-indonesia/
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080925003532AA875VS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar